Prodi S1 PAI STAI Salahuddin dalam melaksanakan pendidikan mempunyai keunggulan, yaitu : 1) proses perkuliahan dilakukan dengan mengintegrasikan strategi problem based learning dengan strategi pembelajaran pesantren salaf yang berpusat kepada mahasiswa. Implementasi strategi pembelajaran ini tertuang pada tugas mahasiswa dengan melakukan observasi ke sekolah yang ada di kabupaten dan kota pasuruan dilanjutkan dengan melakukan penelitian. Laporan penelitian ditulis dalam bentuk artikel ilmiah dan di publikasikan pada jurnal ilmiah 2) Proses perkuliahan dilakukan pemisahan laki-laki dan perempuan dengan menggunakan system hybrid learning 3). Hasil penelitian dan PKM diintegrasikan dalam pembelajaran. 4) Produk perkuliahan berupa modul pembelajaran PAI dimanfaatkan oleh sekolah yang telah bekerja sama dengan prodi PAI dan dijadikan sebagai bahan ajar di sekolah tersebut.

Prestasi akademik mahasiswa STAI Salahuddin Pasuruan dalam 3 tahun terakhir didominasi tingkat Internasional dan nasional. Prestasi ini membuktikan bahwa mahasiswa STAI Salahuddin pasuruan tidak hanya bersaing secara nasional namun juga bersaing di kancah Internasional.

Masa studi mahasiswa STAI Salahuddin Pasuruan rata-rata 4 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa lulusan STA Salahuddin pasuruan dapat dikatakan lulus tepat waktu. Selain itu melalui tracer study yang telah dilakukan diketahui bahwa rata-rata waktu tunggu lulusan Prodi S1 PAI selama tiga tahun terakhir di bawah 3 bulan. hal ini membuktikan bahwa daya serap lulusan sangat baik.