Prodi Pendidikan Agama Islam (S1)

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta Strategi Pencapaian

Program studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah (STAI) Salahuddin Pasuruan, Pasuruan berdiri secara resmi pada tanggal 4 September 2008 dengan nomor SK pendirian No Dj/302/2008 yang ditandatangani oleh Direktor Jenderal Pendidikan Islam. Adapun visi, misi, tujuan dan sasaran serta strategi pencapaiannya dapat diuraikan sebagai berikut :

Visi

Terdepan dalam pengembangan pendidikan Islam menuju masyarakat madani tahun 2023

Misi

  • Menyiapkan peserta didik sebagai ahli dan atau praktisi pengembangan Pendidikan Agama Islam yang memiliki komitmen terhadap nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan.
  • Mengembangkan dan menyebarluskan Ilmu Pendidikan Islam melalui penelitian, pelatihan dan pengabdian pada masyarakat.

Tujuan

  • Menghasilkan lulusan/output yang memenuhi standar kompetensi akademik dan professional.
  • Dapat mengembangakan Ilmu Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan interdisipliner.
  • Memiliki kompetensi sosial yang tinggi dan mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui pola-pola pengabdian kepada masyarakat yang profesional.

Sasaran

  • Dihasilkan lulusan yang dapat berpikir dan bersikap kritis, analitis, sistematis, terbuka, dan pro-aktif terhadap perkembangan ilmu, teknologi dan pendidikan Islam
  • Dihasilkan lulusan yang dapat bersikap dan bertindak mandiri, dapat berkerja dalam tim, berwawasan nasional dan global.
  • Dihasilkan lulusan yang kompeten dalam mendiagnosa dan memecahkan masalah pendidikan berbasis IPTEK terkini.
  • Terlaksananya evaluasi kurikulum tahunan.
  • Terwujud upaya peningkatan dan pemanfaatan sumberdaya pendidikan secara efektif dan efisien.
  • Tercapai kesejahteraan sumberdaya manusia pada program studi sesuai standar kehidupan yang layak.
  • Terlaksananya kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam pengidentifikasian dan pemecahan masalah di bidang pendidikan islam
  • Dihasilkan dan dilaksanakannya program-program pengabdian masyarakat oleh dosen dan mahasiswa secara melembaga, kelompok, maupun perorangan

Strategi Pencapaian

Strategi pencapaian dikelompokkan menjadi 4 bidang :

  1. Bidang Pendidikan.
  • Peningkatan kemampuan dosen dan pegawai.
  • Peningkatan disiplin civitas akademika.
  • Peningkatan fasilitas informasi dan perpustakaan.
  • Peningkatan Penguasaan komputer.
  • Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan.
  • Menciptakan suasana akademik yang kondusif.Bidang Penelitian.
  • Meningkatkan minat dan motivasi dosen untuk melakukan penelitian.
  • Meningkatkan sarana dan prasarana penelitian.
  1. Bidang Pengabdian pada masyarakat.
  • Menyediakan referensi dan panduan pengabdian pada masyarakat.
  • Meningkatkan peran dan relevansi pendidikan dan penelitian dalam mengatasi problem masyarakat.
  • Merealisasikan dan memanfaatkan kerjasama dengan berbagai pihak yang telah disepakati.