Awal Juni 2020 Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengeluarkan Panduan Asesmen Lapangan (AL) secara Daring untuk Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi.  Langkah ini ditempuh, dikarenakan kunjungan Asesor BAN-PT ke Perguruan Tinggi tidak dapat dilakukan selama masa pandemi Corona Virus Disease – 2019 (COVID-19).

Program Studi Perbankan Syariah, SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SALAHUDDIN (STAIS) Pasuruan pada tahun 2022 ini mengajukan Akreditasi Program Studi pada Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tahap visitasi (asesmen lapangan) oleh Asesor BAN-PT telah dilakukan pada tanggal 17-18 Oktober 2022 secara daring.

Tim Asesor BAN-PT yang melakukan Asesmen Lapangan yaitu Dr. Deni Kamaludin Yusup, M.ag, Dr. M.Ag dari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati sebagai Asesor 1, Ahmad Syarif Iskandar, Dr. MM dari IAIN Palopo sebagai Asesor 2.

Para asesor melakukan proses asesmen lapangan (AL) secara daring melalui aplikasi zoom meeting berdasarkan surat tugas dari BAN-PT dengan tetap menerapkan standar asesmen yang telah ditentukan. Tim dari Program Studi Perbankan Syariah bersama-sama menerima visitasi secara daring ini dari Auditorium dan sudah menyediakan semua dokumen terkait telah menyiapkan diri untuk melaksanakan proses asesmen lapangan secara daring ini.

Kegiatan Hari pertama asesmen lapangan dimulai dengan pembukaan berisi sambutan dari Rektor SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SALAHUDDIN (STAIS), Suadi, M.Pd.I. dilanjutkan dengan sesi bersama Pimpinan Unit Pengelola Program Studi.

Sesi kedua AL di hari pertama melanjutkan proses asesmen terhadap dokumen borang dan evaluasi diri Prodi. Ketua Prodi, seluruh tim akreditasi Prodi selanjutnya wawancara terhadap stakeholder Prodi Perbankan Syariah yaitu Dosen, Tenaga Kependidikan, dan mahasiswa. Semua pihak yang diminta menjadi partisipan memberikan keterangannya masing-masing sesuai pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh asesor.

Pada sesi hari kedua, agenda Asesmen Lapangan adalah asesor melakukan kunjungan virtual, untuk melihat kondisi di lapangan, yaitu semua fasilitas mahasiswa, ruang kuliah, ruang Unit Kegiatan Mahasiswa, ruang perpustakaan, ruang dosen.

Selanjutnya asesor melakukan kerja mandiri untuk merangkum keterangan hasil verifikasi dari semua pihak dan memberikan feedback atas seluruh rangkaian asesmen selama 2 hari ini. Hasil dari Asesmen Lapangan ini nantinya akan diumumkan beberapa minggu kedepan setelah melalui tahapan verifikasi lagi di BAN-PT, yaitu pemeriksaan oleh validator, dewan eksekutif dan majelis BAN-PT.