Purwosari, NU Pasuruan
Belum banyak masyarakat yang memiliki kesadaran untuk bertanggungjawab terhadap sampahnya masing-masing. Hal itu disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya belum masifnya pendidikan peduli sampah hingga dukungan sarana prasana tempat pembuangan sampah.

Menyadari itu, Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Salahuddin Pasuruan yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata Temarik (KKNT) kelompok 4 menginisiasi pembuatan Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) di Dusun Pager Lor, Desa Pager, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

Penanggungjawab Kegiatan, Siti Pamrih Anjas Wulandari menuturkan, banyaknya sampah yang berserakan di sekitar pemukiman warga, pinggir dan aliran sungai.

“Usai observasi lokasi untuk TPS, kami bersama masyarakat membersihkan sampah di sekitar tempat itu. Lalu membangun TPS dari Buis Beton (31/08/2022),” imbuhnya kepada NU Pasuruan, Sabtu (10/09/2022).

Ia menambahkan, juga menyelenggarakan kegiatan ‘Daur Ulang Sampah Anorganik’ bagi para santri yang berada di Gubuk Santri dusun setempat (29/08/2022).

“Kami mengajak dan mendampingi para santri agar kreatif dalam memanfaatkan sampah. Salah satunya dengan menghias kamar asrama dari daur ulang sampah,” tandasnya.

Untuk itu, pemuda Dusun Pager Lor, M Afiful Karim Zain, mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kegiatan mahasiswa STAI Salahuddin Pasuruan.

“Warga tak lagi membuang sampah sembarangan. Para santri juga mendapat ilmu dan pengalaman baru dalam pemanfaatan sampah,” tutur pria yang bekerja sebagai Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) itu.