Jember, 13 Januari 2024 – Enam dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Salahuddin Pasuruan berhasil lolos paper penelitian dan mengikuti kegiatan Internasional Conference Humanity, Education & Society (ICHES) 2024 yang diselenggarakan oleh Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember pada tanggal 12-13 Januari 2024.

Kegiatan ICHES 2024 merupakan konferensi internasional yang mengangkat tema “Humanity, Education and Society in the Era of Industrial Revolution 4.0”. Konferensi ini bertujuan untuk menyajikan hasil penelitian dan pengembangan terkini di bidang kemanusiaan, pendidikan, dan sosial yang relevan dengan tantangan dan peluang di era revolusi industri 4.0.

Lima dosen STAI Salahuddin Pasuruan yang lolos paper penelitian dan ikut konferensi ini adalah Dr. Muhammad Muhlis, M.Pd, Muhammad Khoirul Lutfi, M.Pd. Ning Mukaromah, M.Pd.I, Abdussalam, ME. Dan H. Yusuf, SE, MM. Mereka mewakili STAI Salahuddin Pasuruan sebagai salah satu perguruan tinggi yang berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di bidang agama Islam.

Paper penelitian yang mereka sampaikan di konferensi ini meliputi berbagai topik, antara lain: “Pengembangan Life Skill Society 5.0 Santri pondok pesantren Darul Ulum Karangpandan Pasuruan”, “Pengembangan media pembelajaran PAI-BP Terintegrasi Nilai-nilai Kemaritiman Kelas VII SMP Kawasan Pesisir, “Implementasi Pembelajaran Andragogi Perspektif kisah-kisah dalam Al-quran di pesantren Ngalah Pasuruan”, “Analisis skema Ponzi terhadap pengelolaan dana haji Indonesia oleh BPKH Dalam Perspektif Syariah dan UU, dan ” P2P Lending oleh Fintech: peran dan strategi OJK Dalam era informasi keuangan syariah di Indonesia”

Dalam konferensi ini, mereka juga berkesempatan untuk berinteraksi dan berdiskusi dengan para peneliti, akademisi, praktisi, dan pembicara dari berbagai kampus nasional dan internasional. Mereka juga mendapatkan sertifikat dan publikasi ilmiah internasional sebagai bentuk pengakuan atas karya ilmiah mereka.

Ketua STAI Salahuddin Pasuruan, Suadi, M.Pd.I mengapresiasi prestasi yang diraih oleh para dosen STAI Salahuddin Pasuruan. Ia berharap, kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi dosen dan mahasiswa STAI Salahuddin Pasuruan untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan publikasi ilmiah, serta menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi lain di dalam dan luar negeri.

“Saya sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh para dosen STAI Salahuddin Pasuruan. Ini menunjukkan bahwa STAI Salahuddin Pasuruan memiliki dosen-dosen yang profesional, kompeten, dan berdedikasi tinggi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan pendidikan di bidang agama Islam. Saya berharap, kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi dosen dan mahasiswa STAI Salahuddin Pasuruan untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya di era Society 5.0,” ujar Suadi, M.Pd.I.

Penulis: Ning Mukaromah, M.Pd.I
Editor: M.Khoirul Lutfi, M.Pd, Dr. Muhammad Muhlis, M.Pd dan Abdussalam, ME

Categories: berita