Pengurus Pusat (PP) Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) dalam waktu dekat akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan konferensi. Seluruh perguruan tinggi Nahdlatul Ulama akan berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan di Medan.
Seperti yang diungkapkan oleh Bapak Suadi, M.Pd.I selaku Ketua STAI Salahuddin Pasuruan mengaku siap untuk menyukseskan acara Rakernas dan Konferensi LPTNU 2023.
“Insya Allah siap hadir pada Rakernas LPTNU sekaligus Konferessi Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama Tahun 2023. Sukses rakernas LPTNU 2023,” kata AA Bustomi seperti dikutip dari Instagram @lptnu_official.
Rencananya Rakernas dan Konferensi PTNU akan diadakan di Medan pada 8-10 Maret 2023. Tema yang diangkat tahun ini yakni “Merawat Jagad, Membangun Peradaban dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.”
Pelaksanaan rakornas dan konferensi kali ini diadakan secara luring. Saat pandemi Covid-19, kegiatan serupa digelar secara daring. Diharapkan kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi dan bisa meningkatkan sumber daya manusia (SDM), serta penguatan kapasitas kelembagaan di Perguruan Tinggi NU.
Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan hari jadi organisasi Islam terbesar di Indonesia ini yang hampir mencapai usia seabad.
Berdasarkan perhitungan kalender Hijriah, NU didirikan pada 16 Rajab 1344 Hijriah, itu berarti NU akan mencapai usianya yang ke satu abad pada 16 Rajab 1444 Hijriah atau bertepatan dengan 7 Februari 2023 mendatang.
Dalam peringatan usianya yang seabad ini, PBNU mengangkat tema ‘Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru’. Pilihan tema ini didasarkan pada hadits Rasulullah saw tentang lahirnya pembaharu di setiap satu abad.
“Allah SWT setiap 100 tahun membangkitkan di kalangan umat ini pembaharu,” kata Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf menerjemahkan sebuah hadits sahih yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, sebagaimana dilansir NU Online.